AIR SUSU IBU MERUPAKAN HAK BAYI

Seperti diketahui bersama bahwa Air Susu Ibu (ASI) merupakan anugerah dari tuhan yang dikaruniakan kepada perempuan, karena didalam ASI terkandung banyak manfaat yang tidak di digantikan oleh susu formula semahal apapun juga, manfaat tersebut tidak hanya diperoleh oleh bayinya tetapi juga pada ibunya. Hakekatnya bahwa ASI merupakan hak bayi yang harus diberikan oleh seorang ibu, kenapa demikian berikut beberapa ulasannya :

1. Air susu ibu adalah cairan hidup yang diciptakan tuhan khusus bagi bayi.

Asi merupakan cairan hidup karena mengandung sel darah putih, zat kekebalan, enzim, hormon dan protein yang cocok untuk bayi. Ibu yang melahirkan bayi lahir prematur (kurang bulan) akan memproduksi ASI dengan kandungan gizi berbeda dibandingkan dengan ASI yang diproduksi oleh ibu yang melahirkan bayi cukup bulan.

2. ASI merupakan cairan hidup yang tidak bisa ditiru manusia

Asi mengandung zat - zat gizi yang tidak ditemukan dalam makanan / minuman olahan manusia apapun. ASI mengandung asam aminodan DHAalamiah yang dapat diserap bayi berkat adanya kandungan enzim lipase dalam ASI. selain itu ASI juga mengandung karbohidrat, protein, multivitamin dan mineral secara lengkap yang mudah diserap dengan sempurna dan sama sekali tidak mengganggu fungsi ginjal bayi yang masih lemah.

3. ASI memberikan kekebalan bagi bayi sehingga tidah mudah sakit.

ASI yang mengandung imunoglobulin dan zat lain memberikan kekebalan bayi terhadap infeksi bakteri dan virus. Bayi yang diberi ASI terbukti lebih keebal terhadap berbagai penyakit infeksi, seperti diare, pneumonia (radang paru), infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) dan infeksi telinga.

4. ASI saja dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi sejak baru lahir sampai umur 6 bulan.

Kapasitas lambung bayi baru lahir, sangat terbatas, hanya dapat menampung cairan sebanyak 10-20 ml (2-4 sendok teh). ASI adalah cairan yang mempunyai kandungan zat gizi sempurna dan lengkap serta volumenya paling tepat dan sesuai kapasitas lambung bayi yang masih terbatas. Selama 6 bulan bayi tidak memerlukan cairan lain selain ASI. Cairan lain justru meningkatkan resiko terjadinya Infeksi.

Sumber : Materi Penyuluhan Kemenkes RI