EVALUASI PELAKSANAAN BARANG DAN JASA

Pusat Kesehatan Masyarakat sebagai salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peranan penting dalam sistem kesehatan nasional, khususnya subsistem upaya kesehatan.Peningkatan mutu layanan  Puskesmas merupakan amanat Permenkes 75 tahun 2014 tentang Puskesmas, peningkatan layanan dilakukan secara menyeluruh baik dari segi kualitas maupun kuantitas agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam Permenkes 75/2014. Pemenuhan saran dan prasarana Puskesmas merupakan salah satu upaya dalam peningkatan kualitan dan kulaitas layanan di Puskesmas, dalam pemenuhan sarana dan prasaran tersebut terdapat beberapa kendala diantaranya ketersediaan anggaran, kapasitas dan jumlah tenaga yang mengelola serta kemampuan Puskesmas dalam penyediaan sarana dan prasaran Puskesmas melalui penyediaan barang dan jasa.
Dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di Puskesmas terdapat beberapa kendala daiantaranya :
•    Masih terdapat kesalahan dalam mengisian dan terdapat anggaran yang belum diiput didalan  Rencana Umum Pengadaan (RUP)
•    Pengadaan barang dan jasa belum berjalan sesuai jadwal mengakibatkan serapan anggaran masih kecil;
•    Pelaksanaan pengadaan barang dan jasa belum sesuai dengan  aturan khsususnya belum melaksanakan pengadaan barang/jas melalui e-purchasing
•    Serapan anggaran pengadaan barang dan jasa masih rendah dibandingkan serapan anggaran pada jasa pelayanan.
•    Persiapan anggaran perubahan (BLUD dan APBD) perlu pencermatan karena anggaran perubahan untuk Puskesmas cukup besar baik yang masuk dalam BLUD maupun melalui mekanisme APBD.
Proses pengadaan barang dan jasa sebagaimana diatur dalam Pasal 110 ayat (4) Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah mengatur bahwa Kementerian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah/Institusi (K/L/D/I) wajib melakukan e-Purchasing terhadap Barang/Jasa yang sudah dimuat dalam sistem katalog elektronik sesuai dengan kebutuhan K/L/D/I. Dalam pelaksanaan e-Purchasing diatur dalam Surat Edaran  Kepala LKPP Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Melalui e-Purchasing.

Untuk mengatasi permasalahan pengadaan barang dan jasa di Puskesmas, Sub Bagian Perencanaan, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang melaksanakan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Barang dan Jasa pada hari Senin 18 Juli 2016  di Aula Dinas Kesehatan yang dipimpin oleh Sekretaris Dinas Kesehata   dengan peserta rapat Pimpinan BLUD, Pejabat Keuangan BLUD dan Bendaharawan, serta kepala UPT.
Tujuan Pelaksanaan Kegiatan :
1.    Evaluasi penyerapan anggaran BLUD khususnya dalam belanja barang dan jasa
2.    Evaluasi pelaksanaan pengadaan barang dan jasa bersumber anggaran BLUD
3.    Sosisalisasi pelaksanaan pengadaan barang dan jasa melalui e phurchasing
4.    Percepatan proses pengadan barang dan jasa dan percepatan penyerapan anggaran barang dan jasa.
Dalam rapat tersebut disosialisasikan pula Surat Edaran  Kepala LKPP Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Melalui e-Purchasing.


Untuk Download Materi Rapat Evaluasi Barang&Jasa dibagi menjadi 2 bagian. dapat didownload dengan klik link dibawah ini
Materi Bagian 1
Materi Bagian 2


Kontributor by Permonev