KERJASAMA LINTAS SEKTOR PUSKESMAS KAJORAN II

Sasaran dari pembangunan kesehatan adalah meningkatkan derajat kesehatan melalui peningkatan kwalitas dan pemerataan pelayanan kesehatan yang semakain menjangkau seluruh masyarakat . Untuk mewujudkan hal tersebut perlu diupayan adanya suatu kerjasama yang baik antara sektor pembangunan  sesuai dengan Sistem Kesehatan Nasioanal (SKN) .

Pertemuan lintas sektor merupakan pangkal awal dari melaksanakan perencanaan pembinaan secara terpadu di masyarakat dengan mengedepankan skala prioritas . Untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu adanya saling pengertian dan keterbukaan diantara komponen terkait.Untuk menggalang kerjasama lintas sektor terutama dalam membina peran serta aktif masyarakat maka perlu koordinasi antara sektor yang bersangkutan .

Tujuan dari kerjasama LINTAS SEKTOR  adalah untuk menggalang kerjasama dalam rangka penyelenggaraan pembangunan di bidang kesehatan untuk meningkatkan program pembinaan pembangunaan bidang kesehatan masing-masing sektor. Mengetahui peran masing-masing sektor dan saling mendukung untuk melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan, merumuskan kerja sama pembinaan pembangunan dalam bidang kesehatan.

Di puskesmas kajoraan 2 untuk menggalang kerja sama itu dilaksanakan pertemuan tgl 12 Mei 2015 hari Selasa  jam 09.00 sampai selesai, tempat di aula Puskesmas Kajoran 2, Pelaksanaan dihadiri oleh Bapak Camat Kajoran, Kepala Balai pelayanan KB dan KS, ketua TIM pengerak PKK,Kapolsel ,Danramil ,Kepala UPT Dikpora,Ketua Paguyuban Kader, Kepala Desa dan Ketua BPD diwilayah kerja Puskesmas Kajoran 2, jumlah yang hadir 39 orang . Adapun acara nya dimulai pembukaan,menyanyikan lagu Indonesia raya, Presentasi Kepala Puskesmas Kajoran 2 dan dilanjutkan diskusi .

Hasil pertemuan lintas sektor ini di titik beratkan pada upaya pelayanan KIA / KB, puskesmas sudah bisa melayani Persalinan 24jam, Penanggulangan TBC, penanggulang HIV/AIDS, Jambanisasi, dan Pelayanan Posyandu Balita dan Lansia . Menurut Kepala puskesmas Kajoran 2 (dr Ma’sumah) untuk  menindak lanjuti hal tersebut diatas perlu kerja sama antara Puskesmas dan Pemegang Kebijakan yang  ada, terutama  di Desa yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

By Promkes Kajoran II