Bidang Sumber Daya Kesehatan

STRUKTUR

 

RINCIAN TUGAS JABATAN STRUKTURAL

 

Nama Jabatan :

KEPALA BIDANG SUMBER DAYA KESEHATAN

Tugas :
Melaksanakan sebagian tugas Dinas Kesehatan di bidang penyelenggaraan pengembangan sumber daya kesehatan,organisasi profesi dan perbekalan kesehatan.

Rincian :
1)    Mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman teknis maupun pedoman pelaksanaan lainnya yang berhubungan dengan tugasnya.
2)    Merumuskan kebijakan teknis dan rencana kegiatan penyelenggaraan pengembangan sumber daya kesehatan, organisasi profesi dan perbekalan kesehatan.
3)    Merumuskan pedoman pelaksanaan dan pedoman teknis penyelenggaaan pengembangan sumber daya kesehatan, organisasi profesi dan perbekalan kesehatan.
4)    Merumuskan penilaian pelaksanaan tugas bagi jabatan fungsional kesehatan dengan perhitungan angka kredit.
5)    Merumuskan penilaian teknis, pengelolaan data dan pemantauan pelaksanaan registrasi, akreditasi, sertifikasi tenaga kesehatan serta sarana kesehatan tertentu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
6)    Mengkoordinasikan sampling/contoh sediaan farmasi dan makanan di lapangan, serta pemeriksaan setempat sarana produksi dan distribusi sediaan farmasi.
7)    Mengkoordinasikan pengendalian penyediaan obat, penggunaan obat generik dan perbekalan kesehatan bagi puskesmas dan jaringannya.
8)    Mengkoordinasikan pengawasan terhadap obat, makanan dan perbekalan kesehatan lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
9)    Mengkoordinasikan monitoring, pengendalian, pengawasan, dan evaluasi kegiatan penyelenggaraan pengembangan sumber daya kesehatan, organisasi profesi dan perbekalan kesehatan.
10)    Melaporkan pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan pengembangan sumber daya kesehatan, organisasi profesi dan perbekalan kesehatan.
11)    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Nama Jabatan :   

KEPALA SEKSI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN ORGANISASI PROFESI

Tugas :
Menyiapkan bahan-bahan pelaksanaan sebagian tugas Dinas Kesehatan di bidang pengembangan sumber daya manusia dan organisasi profesi.

Rincian :
1)    Mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman teknis maupun pedoman pelaksanaan lainnya yang berhubungan dengan tugasnya.
2)    Menyiapkan bahan rencana dan melaksanakan penyelenggaraan pengembangan sumber daya manusia dan organisasi profesi.
3)    Menyiapkan bahan penyusunan pedoman pelaksanaan dan teknis penyelenggaraan pengembangan sumber daya manusia dan organisasi profesi, penyelenggaraan registrasi, akreditasi, sertifikasi tenaga kesehatan serta sarana kesehatan tertentu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
4)    Menyiapkan bahan dan menyelenggarakan perizinan praktik tenaga kesehatan, sarana kesehatan, pengobatan tradisional dan penyedia alat-alat kesehatan.
5)    Menyiapkan bahan pelaksanaan penilaian angka kredit bagi jabatan fungsional kesehatan dan penyelenggaraan administrasi DUPAK tenaga kesehatan.
6)    Menyiapkan bahan dan melaksanakan penilaian teknis, pengelolaan data dan pemantauan pelaksanaan perizinan operasional lembaga pelayanan kesehatan dan operasional praktik tenaga kesehatan serta organisasi profesi.
7)    Melaksanakan monitoring, pengendalian, pengawasan dan evaluasi kegiatan penyelenggaraan pengembangan sumber daya manusia dan organisasi profesi.
8)    Menyusun bahan laporan kegiatan penyelenggaraan pengembangan sumber daya manusia dan organisasi profesi.
9)    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Nama Jabatan :

KEPALA SEKSI FARMASI, MAKANAN DAN PERBEKALAN KESEHATAN

Tugas :
Menyiapkan bahan-bahan pelaksanaan sebagian tugas Dinas Kesehatan di bidang
pengelolaan kefarmasian, makanan dan minuman, serta perbekalan kesehatan.

Rincian :
1)    Mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman teknis maupun pedoman pelaksanaanlainnya yang berhubungan dengan tugasnya.
2)    Menyiapkan bahan rencana dan melaksanakan pengelolaan kefarmasian, makanan dan minuman, serta perbekalan kesehatan.
3)    Menyiapkan bahan penyusunan pedoman pelaksanaan dan teknis pengelolaan kefarmasian, makanan dan minuman,serta perbekalan kesehatan.
4)    Menyiapkan bahan dan melaksanakan pengendalian penyediaan obat, penggunaan obat generik dan perbekalan kesehatan bagi puskesmas dan jaringannya.
5)    Menyiapkan bahan dan melaksanakan pengawasan terhadap obat, makanan dan minuman serta perbekalan kesehatan lainnya.
6)    Menyiapkan bahan dan melaksanakan pengambilan sampling/contoh sediaan farmasidan makanan dan minuman di lapangan dan pemeriksaan setempat sarana produksi dan distribusi sediaan farmasi serta perbekalan kesehatan.
7)    Menyiapkan bahan dan melaksanakan pembinaan pengelolaan obat-obatan dan alat-alat kesehatan pada Pusat Kesehatan Masyarakat.
8)    Melaksanakan monitoring, pengendalian, pengawasan dan evaluasi kegiatan pengelolaan kefarmasian,makanan dan minuman, serta perbekalan kesehatan.
9)    Menyusun bahan laporan kegiatan pengelolaan kefarmasian,makanan dan minuman, serta perbekalan kesehatan.
10)    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Dasar :    Perbup Nomor. 17 Tahun 2009 Tentang Rincian Tugas Jabatan Struktural pada
                Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Tugas Pokok dan Fungsi

                Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang.